3 Alasan Pesona Mobil Diesel Gak Pernah Memudar

Daya tarik mobil diesel memang tidak pernah pudar. Terbukti masih ada produsen yang membuat kendaraan diesel. Bahkan, mobil diesel sekarang terbang di seluruh dunia SUV. Sebut saja Toyota Fortuner, Pajero Sport dan Chevrolet Captiva.

Lalu apa saja kelebihan kendaraan diesel dibandingkan yang berbahan bakar bensin?

1. Mesin diesel lebih bertenaga

Salah satu rahasia mengapa Isuzu Panther masih menjadi pemandangan umum meskipun usianya sudah lanjut adalah keras kepala, juga dikenal sebagai mesin yang tangguh.

Selain Panther, kendaraan diesel paling populer di jalan raya adalah Toyota Kijang LGX dan Mitsubishi L300.

Diketahui bahwa mesin diesel lebih andal dan bertanggung jawab daripada mesin bensin. Karena tekanan pembakaran pada mesin diesel lebih tinggi dari pada mesin bensin, maka diperlukan bahan yang tahan tekanan tinggi dan bahan yang sangat kuat untuk membuat mesin diesel.

Baca Juga : 7 Saat Tepat Mengganti Mobil, Biar Gak Rugi

Oleh karena itu, kendaraan diesel biasanya lebih mahal daripada kendaraan bensin dengan varian yang sama. Karena bahan baku untuk membuat mesin berbeda.

Lagi Trending :  Ditunggu Garang dan Nyamannya Toyota 86 2022

2. Torsi lebih besar dari mesin bensin.

Keuntungan lain dari mesin diesel adalah torsinya yang tinggi. Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan.

Dengan torsi yang cukup, pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas terlalu keras untuk menghidupkan mobil. Torsi yang melimpah ini juga menjelaskan mengapa mobil diesel lebih nyaman dikendarai di pegunungan daripada mobil bertenaga bensin.

Baca Juga : Punya SPBU Hanya Dengan Modal Jual Inova Kerjasama Dengan Pertamina

3. Kendaraan diesel mengkonsumsi bahan bakar.

Karena tidak perlu menekan gas terlalu keras untuk menggerakkan mobil, mobil dengan mesin diesel otomatis lebih efisien daripada mesin bensin.

Inilah sebabnya mengapa mesin diesel lebih banyak digunakan pada kendaraan komersial seperti bus dan truk daripada mesin bensin. Karena lebih efisien dan tangguh.

Baca Juga : Pelajari Tuas Transmisi Mobil Matic, Jangan Sampai Salah Posisi