Istilah Pada Mesin Mobil Ini Ternyata Punya Arti Lho!

Ada begitu banyak istilah dalam dunia otomotif. Ada istilah dalam bentuk singkatan, kode atau frasa dalam bahasa yang berbeda. Bagi orang awam, istilah-istilah ini tentu saja membingungkan.

Karena itu, banyak orang mengabaikan istilah ini. Padahal, jika Anda paham, maka bisa jadi istilah-istilah tersebut menunjukkan keunggulan performa mobil.

Nah, berikut ini adalah istilah-istilah yang sering digunakan untuk mesin mobil. Simak, ya!

Baca Juga : 3 Alasan Pesona Mobil Diesel Gak Pernah Memudar

1. IWT-I

VVT-I adalah singkatan dari Variable Valve Timing Intelligent. Artinya sistem kontrol torsi bukaan katup memiliki variasi.

Teknologi ini dirancang untuk mengoptimalkan torsi mesin pada kecepatan berapa pun dan dalam semua kondisi berkendara, yang membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan mengurangi emisi bahan bakar seminimal mungkin.

2. EFI

EFI atau Electronic Fuel Injection adalah sistem injeksi bahan bakar yang dikendalikan ECU sehingga campuran udara dan bahan bakar dapat seimbang. Hal ini dilakukan untuk menjaga konsumsi bahan bakar serendah mungkin dan menjaga agar asap knalpot tetap ramah lingkungan.

Keuntungan dari teknologi EFI ini adalah efisiensinya yang tinggi, karena hampir tidak ada kehilangan bahan bakar karena bensin disemprotkan langsung ke bagian depan katup melalui injektor.

Baca Juga : 7 Saat Tepat Mengganti Mobil, Biar Gak Rugi

3. DBW

Selain itu, teknologi DBW (Drive by Wire) merupakan teknologi baru yang modern. Pasalnya, teknologi ini sudah tidak cocok lagi dengan kabel gas.

Lagi Trending :  Mau Membeli Lamborghini Huracan? Ini Rincian Biaya Perawatannya

DBW disebut juga TAC (Throttle Actuator Control), yang merupakan teknologi yang dirancang untuk menggantikan saluran gas dengan listrik.

4. VTEC

VTEC (kontrol elektronik dari valve timing and lift) mirip dengan VVT-i. Namun, VTEC lebih fokus pada berapa lama katup terbuka.

Hal ini dilakukan untuk memastikan asupan udara maksimal dengan prinsip pengoperasian yang sangat sederhana. Keunggulan dari teknologi ini adalah efisiensi dan torsi yang tinggi.

5. VGT

Teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) digunakan pada mesin turbocharged, kebanyakan SUV diesel di tahun 2020 sudah menggunakan teknologi ini.

Cara kerjanya dengan menyetel turbocharged air booster. Sebelumnya, turbocharger dirancang untuk mampu mengompresi udara dengan tenaga tinggi sehingga akselerasi tidak mencukupi pada rpm rendah.

Baca Juga : Pelajari Tuas Transmisi Mobil Matic, Jangan Sampai Salah Posisi