asuransi-mobil

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik, TLO atau All Risk?

Asuransi mobil adalah asuransi yang mengcover apabila terjadi kerusakan pada mobil yang didaftarkan ke asuransi, baik itu rusak parah, ringan, ataupun hilang karena dicuri. Selain itu asuransi mobil juga memiliki manfaat berupa penggantian kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam seperti banjir, longsor, dan kerusuhan.

Dengan menggunakan asuransi mobil, kendaraan anda akan mendapatkan perlindungan apabila terjadi kerusakan ataupun hilang karena dicuri dalam jangka waktu yang ditentukan.

Baja Juga : 5 Produk Asuransi yang Penting Dimiliki Untuk Proteksi

Oleh karena itu memilih asuransi mobil yang terbaik tepat dan terpercaya adalah suatu keharusan, agar mobil anda terlindungi oleh asuransi mobil dan anda menjadi tidak khawatir lagi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Memilih asuransi mobil terbaik, terpercaya dan termurah

Ada beberapa tips untuk memilih asuransi mobil yang terbaik, terpercaya dan termurah.

  • Pastikan anda memilih asuransi mobil sesuai dengan mobil anda.
  • Pilih asuransi yang memiliki kredibelitas dan terpercaya.
  • Pastikan asuransi mobil yang anda pilih memiliki jaringan bengkel yang luas.
  • Kemudian bandingkan premi antara perusahan asuransi mobil.

Untuk membandingkan antara perusahaan asuransi, sekarang anda dapat menggunakan aplikasi asuransi online yang banyak dimiliki oleh perusahaan asuransi mobil sehingga anda tidak perlu repot – repot untuk mendatangi satu persatu perusahaan asuransi.

Jenis asuransi mobil

Di Indonesia ada 3 jenis asuransi mobil yang dapat anda pilih menyesuaikan kebutuhan dan jenis mobil yang anda miliki. Agar anda tidak salah dalam memilih jenis asuransi mobil, sebaiknya pelajari tentang jenis jenis asuransi mobil ini :

Asuransi mobil TLO

Asuransi mobil TLO adalah asuransi mobil yang hanya memberikan perlindungan atau penggantian biaya asuransi apabila terjadi kehilangan kendaraan dikarenakn dicuri, atau terjadi kerusakan  parah pada mobil dengan minimal biaya perbaikan 75% dari harga mobil tersebut.

Ini berarti Asuransi mobil TLO hanya bisa digunakan ketika mobil rusak parah hingga benar – benar tidak bisa digunakan, maka anda baru bisa mengklaim ke pihak asuransi mobil. Apabila mobil anda hanya mengalami kerusakan ringan, seperti hanya tergores pada bagian bodi mobil, maka anda tidak dapat meng klaim asuransi mobil TLO.

Biaya premi asuransi mobil TLO terbilang lebih rendah dibandingkan dengan asuransi yang lengkap, bahkan biaya premi tiga kali lebih kecil dari total biaya resiko. Ini dikarenakan anda asuransi mobil TLO hanya bisa diklaim hanya jika terjadi kerusakan parah pada mobil anda.

Lagi Trending :  Begini Cara Klaim Asuransi Mobil, Yang Gak Mungkin Ditolak!

Asuransi mobil all risk

Asuransi mobil all risk adalah asuransi mobil yang mengcover seluruh resiko kerusakan mobil, dari kerusakan ringan hingga kerusakan parah pada mobil.

Asuransi mobil all risk cocok digunakan pada mobil baru dan tinggal di perkotaan dengan lalu lintas yang padat, sehingga apabila terjadi kerusakan ringan seperti bodi mobil yang tergores anda dapat mengklaim ke pihak asuransi mobil.

Berbanding terbalik dengan asuransi mobil TLO yang memiliki biaya premi lebih murah, premi asuransi mobil all risk jauh lebih mahal dibanding asuransi mobil TLO. Hal ini dikarenakan asuransi mobil all risk mengcover semua jenis kerusakan pada mobil anda.

Asuransi mobil gabungan

Asuransi mobil gabungan adalah jenis asuransi perpaduan antara asuransi mobil TLO dan asuransi mobil all risk, tetapi asuransi jenis ini hanya apabila anda membeli mobil dengan sistem kredit. Asuransi ini berlaku sedemikian rupa karena mobil beriko pada tahun pertama, kemudian ditahun berikutnya hanya asuransi mobil TLO yang berlaku.

Perluasan perlindungan pada asuransi mobil

Pada asuransi mobil TLO maupun asuransi mobil all risk tidak semua jenis kerusakan tercover olehnya, maka dari itu anda dapat melakukan perluasan perlindungan pada salah satu asuransi tersebut.

Penyebab kerusakan pada mobil yang tidak tercover oleh ketiga jenis asuransi diatas adalah kerusakan yang disebabkan oleh banjir, kerusuhan, dan kerusakan lain yang diakibatkan oleh bencana alam.

Berikut adalah perlindungan pada asuransi mobil :

  • Perlindungan tambahan dari banjir dan angin topan.
  • Perlindungan tambahan gempa dan tsunami
  • Perlindungan tambahan kerusuhan sipil atau kerusuhan sipil
  • Perlindungan tambahan Ekspansi terorisme dan sabotase
  • Jaminan kewajiban yang diperpanjang oleh pihak ketiga (TPL)
  • Jaminan perpanjangan untuk kecelakaan penumpang
  • Perluasan tanggung jawab hukum yang terjamin terhadap penumpang

Klaim asuransi mobil

Yang perlu diperhatikan saat mengajukan klaim asuransi mobil adalah mengetahui prosedur dan dokumen yang dibutuhkan.

Klaim harus dilaporkan maksimal 5×24 jam, atau sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi. Selain itu, perusahaan asuransi melakukan survei dan analisis klaim. Hanya dengan demikian kerusakan akan dibayar atau mobil akan menerima izin perbaikan untuk bengkel.