7 Aplikasi Alternatif Zoom untuk Video Call Terbaik

Situasi pandemi saat ini memaksa sebagian orang untuk bekerja dari rumah dan mengadakan pertemuan yang awalnya bersifat pribadi ketimbang tidak langsung melalui video call. Salah satu aplikasi yang biasa digunakan adalah Zoom yang namanya hampir tidak dikenal sebelum adanya pandemi, namun kini banyak dipilih.

Terlepas dari popularitasnya, Zoom bukan satu-satunya aplikasi panggilan video atau video jarak jauh terbaik. Ada banyak alternatif untuk dicoba, beberapa di antaranya bahkan memiliki fitur yang tidak dimiliki Zoom. Berikut daftarnya.

Baca Juga : Terbukti Bayar!! Aplikasi Penghasil Uang Digital Terbaru 2021

1. Google Meet

Google Meet adalah alternatif Zoom yang sepopuler aplikasi yang dirilis pada tahun 2012. Meet awalnya hanya tersedia bagi mereka yang berlangganan G-Suite, tetapi tahun ini Google menawarkan opsi gratis.

Di Meet, Anda dapat melakukan panggilan video dengan 250 peserta, memberikan presentasi, merekam proses rapat, dan menyimpannya ke Drive. Anda juga dapat dengan mudah mengirim tautan rapat ke orang lain jika Anda mau. Google baru-baru ini bahkan menambahkan fitur seperti latar belakang khusus dan filter lucu yang populer di Zoom.

2. Microsoft Teams

Seperti Google Meet, Microsoft Teams juga hadir dalam bentuk berbayar (premium) dan gratis. Versi gratis tentu memiliki fitur yang lebih sedikit daripada yang berbayar, tetapi jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan uji coba gratis 6 bulan seharga $5 (Rs 72K) per bulan setelah uji coba gratis berakhir.

Versi berbayarnya sendiri memungkinkan Anda untuk mengadakan rapat video dengan hingga 300 orang. Tidak seperti Skype yang juga dimiliki oleh Microsoft, Teams memiliki sejumlah fitur keren seperti berbagi layar dan dukungan perekaman rapat.

3. Skype

Meskipun Skype tidak sepopuler dulu, Skype masih menjadi pilihan banyak orang dalam hal panggilan video. Aplikasi milik Microsoft ini pun kini memiliki fitur Meet Now untuk menantang Zoom.

Dengan fitur ini, Anda dapat menyelenggarakan rapat dengan kuota maksimal 50 pengguna tanpa mengharuskan pengguna untuk masuk atau memiliki akun. Selain itu, ada juga dukungan untuk mengobrol melalui pesan teks saat rapat. Skype mungkin tidak memiliki fitur seperti perekaman rapat, tetapi sepenuhnya gratis dan dapat digunakan langsung di browser.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Aplikasi Edit Video TikTok Dari Jelek Jadi Cantik

4. Messenger Rooms

Untuk mengikuti perkembangan aplikasi seperti Zoom, Facebook juga menyertakan fitur serupa di salah satu aplikasi obrolannya, Messenger. Fitur yang dijuluki Messenger Rooms, memungkinkan Anda membuat obrolan video pribadi atau publik dengan maksimal 50 peserta secara gratis untuk waktu yang tidak terbatas.

Lagi Trending :  3 Aplikasi untuk Download Video Tanpa Watermark

Sebagai perbandingan, panggilan video gratis di Zoom dibatasi untuk 100 orang dan 40 menit. Seperti halnya Skype, pengguna tidak perlu memiliki akun Facebook untuk dapat bergabung dengan ruang pesan.

5. Discord

Discord mungkin hanya populer di kalangan gamer, tetapi aplikasi gratis ini juga cocok untuk siapa saja yang mencari cara mudah untuk mengirim pesan terenkripsi dan panggilan video. Anda, sebagai pengguna, dapat membuat “server” yang nantinya dapat dikonfigurasi sebagai obrolan teks atau video.

Discord bahkan baru-baru ini meningkatkan limit fitur video calling-nya yaitu Go Live yang dulunya hanya 10 orang menjadi maksimal 50 orang. Aplikasi ini dapat digunakan langsung melalui browser atau diinstal terlebih dahulu di Windows, Linux, Mac, Android dan iOS.

Baca Juga : 4 Aplikasi Penghasil Gopay Selain MPL, Terbukti !!

6. Zoho Meeting

Zoho Meeting adalah aplikasi layanan konferensi video tempat Anda dapat bertemu video (terenkripsi ujung ke ujung) dengan hingga 100 peserta. Pengguna lain yang ingin berpartisipasi tidak perlu masuk atau mendaftarkan akun, mereka dapat diundang langsung dari tautan.

Tak hanya itu, Zoho juga memiliki sejumlah fitur penting seperti berbagi layar, kemampuan merekam panggilan, dan moderasi seperti membisukan peserta. Untuk meyakinkan calon pengguna, situs resmi Zoho bahkan memiliki bagan perbandingan dengan Zoom.

7. GoToMeeting

Yang terbaru adalah GoToMeeting, yang dikemas dengan banyak fitur terbaik yang dapat Anda harapkan dari sebuah aplikasi. ya semacam ini. Yang termurah menawarkan kuota maksimal 150 peserta dan termahal 3000.

Aplikasi ini, seperti yang lain, memiliki fitur seperti dukungan untuk merekam obrolan / rapat dan berbagi layar untuk peserta. GoToMeeting saat ini tersedia dan dapat digunakan langsung di browser atau diunduh terlebih dahulu untuk instalasi di Mac, Windows, Linux, iOS, dan Android.

Ini adalah ulasan sekaligus rekomendasi aplikasi video call alternatif Zoom terbaik. Jika Anda memiliki rekomendasi lain untuk digunakan, tuliskan di komentar di bawah!

Kata Kunci :

Background Untuk Zoom - Cara Membuat Meeting Di Zoom - Cara Membuat Room Di Zoom - Cara Membuat Zoom Meet- Cara Membuat Zoom Meeting - Cara Menggunakan Aplikasi Zoom - Cara Menggunakan Zoom Meeting - Cara Share Screen Di Zoom - Zoom Download -