Apa Itu Asuransi Syariah dan Apa Kelebihanya

Apa Itu Asuransi Syariah dan Apa Kelebihanya?

Asuransi di Indonesia sudah sangat menjamur dan sangat banyak jenisnya. Dari yang konvensional hingga yang syariah ada di Indonesia.

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang apa itu asuransi syariah dan apa saja produk dari asuransi syariah ini.

Seperti halnya asuransi konvensinal, asuransi syariah juga sangat banyak macamnya. Kalian pasti tau tentang tabungan syariah,pembiayaan syariah, deposito syariah, asuransi syariah dan sekarang juga sedang populer investasi syariah.

Dari sekian banyak produk syariah yang ada, kali ini kita akan membahas lebih mendalam tentang asuransi syariah. Biar ga kelamaan langsung aja kita bahas tentang asuransi syariah di Indonesia.

Baca Juga : Perbedaan Kredit Mobil Konvensional dan Syariah

Apa itu asuransi syariah ?

Yang pertama kalian ingin tahu pasti adalah apa itu asuransi syariah, asuransi syariah adalah bidang usaha asuransi untuk saling melindungi dan tolong menolong antara para pemegang polis asuransi, yang dilakukan dengan pengumpulan dan pengelolaan dana tabarru dengan memberikan pengembalian untuk menghadapi resiko melalui akad yang sesuai dengan syariat islam.

Berbeda dengan asuransi konvensional yang menggunakan sistem transfer of risk, atau dimana resiko dari pemegang polis akan dialihkan kepada perusahaan asuransi. Asuransi menggunakan azaz tolong menolong atau sharing of risk, yaitu diamana resiko dari pemegang polis akan dibebankan kepada seluruh pemegang polis.

Jadi di dalam asuransi syariah, peran dari perusahaan asuransi hanyalah sebagai pengelola operasional dan investasi dari dana yang diterima dari para pemegang polis asuransi syariah.

Sedangkan pada asuransi konvensional perusahaan asuransi berperan sebagai penanggu resiko dari pemegang polis.

Asuransi syariah menggunakan azaz tolong menolong diantara para pemegang polis dengan akad dengan perwakilan atau kerjasama pemegang polis degan pihak perusahaan asuransi syariah. Sedangkan pada asuransi konvensional, menggunakan azaz jual beli atau pertukaran.

Baik asuransi konvensional ataupun asuransi syariah memiliki kelebihan dan kekuranganya masing – masing. Pilihan semua ada ada pada masyarakat, apakah memilih asuransi syariah atau lebih memilih asuransi konvensional.

Keunggulan dan kelebihan Asuransi Syariah

Dana dikelola dengan prinsip syariah

Salah satu yang menjadi pembeda antara asuransi konvensional dan asuransi syariah salah satunya adalah pada pengelolaan dana, dimana asuransi syariah menggunakan pengelolaan dana sesuai dengan syariat Islam.

Dana pemegang polis oleh pihak asuransi tidak diasuransikan pada saham dari emiten yang mengandung unsur yang dilarang oleh syariat Islam baik itu barang atau jasa, seperti perjudian atau perdagangan barang – barang yang dilarang dalam syariat islam seperti perdagaan miras dan lain sebagainya.

Keterbukaan tentang pengelolaan dana pemegang polis

Pada asuransi syariah, dana yang dikelola oleh perusahaan asuransi dilakukan dengan transparan dan diketahui oleh pemegang polis, baik itu under writing atau pembagian hasi investasi.

Lagi Trending :  Alasan Kenapa Pinjaman Online Ilegal Mati Satu Tumbuh Seribu

Perusahaan asuransi melakukan pengelolaan dana pemegang polis bertujuan unutk mengoptimalkan manfaat yang didapat oleh pemegang polis secara kolektif atau individu.

Pembagian Hasil Keuntungan investasi

Keuntunga nyang diperoleh dari investasi dari para pemegang polis secara kolektef ataupun individu akan dibagikan oleh perusahaan asuransi sesuai akad yang digunakan. Hal ini juga merupakan salah satu perbedaan dengan asuransi konvesional, dimana pemegang polih tidak akan menerima keuntungan dari hasil investasi dan menjadi milik perusahaan asuransi, terkecuali untuk produk – produk tertentu yang terkait dengan investasi.

Kepemilikan dana

Pada asuransi syariah, sebagian premi yang dibayarkan pemegang polis akan menjadi milih perusahaan asuransi syariah dan sebagian lagi akan tetap menjadi milik pemegang polis asuransi. Hal ini berbeda dengan asuransi konvensional dimana seluruh premi yang dibayarkan seluhnya akan menjadi hak dari perusahaan asuransi, terkecuali untuk produk – produk tertentu yang terkait dengan investasi.

Tidak ada “Dana Hangus”

Jika biasanya pada asuransi konvensional dana akan hangus apabila tidak ada klaim selama masa perlindungan. Tidak halnya dengan asuransi syariah, dimana dana premi yang dibayarkan tidak akan hangus meskipus tidak ada klaim selama masa perlindungan.Dana akan tetap diakumulasikan dalam dana tabarru milik pemegang polis secara kolektif.

Alokasi dan distribusi surplus underwriting

Dalam asuransi syariah ada istilah yang disebut surplus uderwritting atau selisih lebih dari total pembayaran pemegang polis ke dalam dana tabarru, setelah ditambah dengan recovery klaim dan reasuransi kemudian dikurangi dengan biaya klaim, reasuransi, dan penyisihan teknis dalam waktu tertentu.

surplus underwriting pada asuransi konvensional akan menjadi milik dari perusahaan asuransi, dan pada asuransi syariah surplus underwriting  dapat dimasukan kedalam dana tabarru pemegang polis yang memenuhi kriteria sesuai dengan presentasi yang telah disebutkan didalam polis.

Saat ini terdapat bermacam – macam produk asuransi dengan jenis yang hampir sama dengan asuransi konvensional. Produk asuransi syariah dapat dikelompokan menjadi beberapa macam, berikut detailnya:

Produk asuransi dengan manfaat santunan atau penggantian apabila terjadi kecelakaan atau musibah,seperti masuk rumah sakit, meninggal dunia, kecelakaan, kerusakan atau kehilangan pada harta benda.

Produk asuransi dengan manfaat santunan apabila pemegang polis meninggal dunia dan manfaat beruba investasi. Di dalam produk ini sebagian pembayaran premi yang telah dibayarkan oleh pemegang polis akan dialihkan untuk dana tabarru dan sebagian lagi akan dialokasikan menjadi investasi pemegang polis.

Itulah pembahasan kita mengenai asuransi syariah, semoga dengan pembahasan diatas dapat membantu anda dalam menentukan pilihan dalam memilih asuransi. Apakah akan menggunakan asuransi syariah atau konvensional sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan anda.