5 Produk Asuransi yang Penting Dimiliki Untuk Proteksi

Produk asuransi merupakan produk keuangan yang berguna untuk melindungi dari berbagai risiko kerugian finansial jika terjadi bencana.

Bencana sering terjadi pada waktu yang tidak terduga. Misalnya sakit dan harus berobat ke rumah sakit, kecelakaan, pencurian mobil hingga rumah kebanjiran.

Ada asuransi di sini, Anda akan mendapatkan proteksi atau perlindungan finansial yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Misalnya biaya perawatan, biaya penggantian barang yang hilang, biaya banjir akibat banjir, dan lain sebagainya.

Memiliki asuransi, Anda pasti akan tenang, dan Anda tidak perlu khawatir jika bencana datang sewaktu-waktu.

Bayangkan saja, tiba-tiba suatu hari rumah akan banjir atau terbakar? atau tiba-tiba seorang dokter memvonis Anda dengan penyakit yang membutuhkan pengobatan mahal? Stres adalah suatu keharusan, terutama jika Anda tidak memiliki asuransi.

Baca Juga : 5 Produk Asuransi yang Penting Dimiliki Untuk Proteksi

Kerugian finansial apa yang harus Anda tanggung? Tentu saja tidak cukup. Namun, Anda dapat mengelola semua risiko tersebut hanya dengan memiliki asuransi.

Pastikan Anda memahami dengan baik manfaat asuransi untuk kehidupan Anda di masa depan. Ya, memang pembayaran polis asuransi biasanya bulanan atau tahunan, dan Anda tidak akan merasakan manfaatnya secara langsung. Namun saat keadaan darurat melanda, Anda tidak perlu panik atau tertekan secara finansial, karena asuransi siap melindungi Anda.

Bagi Anda yang mencari jawaban, apakah sudah waktunya untuk berasuransi? Menjawab. Iya.

Asuransi penting apa yang perlu Anda miliki? Untuk Anda pahami, berikut 5 ulasan penting produk asuransi yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kesehatan melalui berbagai skema dan pilihan pembayaran asuransi.

Pemerintah saat ini memiliki program jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Khusus untuk BPJS Kesehatan, Anda dapat mendaftar secara perorangan atau melalui tempat kerja untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan. Setelah mendaftar, Anda akan dapat menikmati fasilitas kesehatan dengan pengobatan gratis sesuai kelas BPJS yang Anda pilih.

Selain BPJS, jika ingin manfaat asuransi kesehatan lebih banyak, tentu bisa membeli produk asuransi kesehatan yang dioperasikan oleh perusahaan asuransi swasta.

See also  Kumpulan Desain Twibbon Bucin Couple

Membeli produk asuransi kesehatan merupakan salah satu cara untuk melindungi diri dari risiko finansial, yang tentunya dapat membantu Anda terhindar dari kebangkrutan atau utang yang bertambah saat sakit, yang membutuhkan biaya pengobatan yang mahal.

Jadi jangan berpikir, bayar polis dan tidak mendapatkan apa-apa. Ini adalah ide yang salah. Karena asuransi bukanlah sesuatu yang Anda nikmati di masa sekarang, tetapi untuk masa depan, atau lebih tepatnya, saat keadaan darurat melanda.

Ragam manfaat produk asuransi swasta jauh lebih menarik dan memiliki banyak manfaat. Mulai dari pelayanan rawat inap dan rawat jalan, meliputi biaya persalinan, gigi, mata, sakit kritis, ganti kacamata dan lain sebagainya.

Cara memilih asuransi kesehatan terbaik:

  • Pilih produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan biaya yang lebih tinggi, yang tentunya sesuai dengan anggaran Anda.
  • Pelajari dan pelajari kebijakannya. Cari tahu apa manfaat asuransi (pertanggungan) yang ditawarkan.
  • Bandingkan produk asuransi kesehatan A dan B dan cari tahu manfaat mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Cari tahu cara mengajukan asuransi kesehatan, pastikan untuk memeriksa kondisi yang dikecualikan yang tercantum pada polis asuransi Anda.

Baca Juga : 4 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Online Agar Tak Kecewa

2. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang melindungi pemegang polis jika terjadi risiko kematian.

Asuransi jiwa ini sangat penting bagi mereka yang sudah menikah atau menjadi pencari nafkah keluarga.

Manfaat utama asuransi jiwa adalah santunan ahli waris apabila meninggal dunia dan santunan atas risiko cacat total/sebagian.

Ada jenis produk asuransi jiwa murni seperti yang dijelaskan di atas, serta jenis asuransi jiwa kredit di mana asuransi jiwa kredit biasanya merupakan produk yang terintegrasi dengan layanan kredit yang disediakan oleh bank.

Biasanya, untuk produk asuransi jiwa kredit ini, nantinya nasabah bank yang meminjam uang dari bank akan otomatis membayar premi asuransi jiwa kredit. Dengan demikian, jika ada risiko kematian klien dan kemungkinan gagal bayar atas kewajiban pembayaran pinjaman, perusahaan asuransi akan menanggung sisa pembayaran.

Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik:

  • Pilihlah produk asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan dengan harga premi yang tentunya sesuai anggaranmu.
  • Ketahui besarnya uang pertanggungan  (UP)  atau besaran manfaat (klaim) yang diterima.
  • Bandingkan produk asuransi jiwa A dan B.
  • Pilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas baik.
  • Teliti dan pelajari isi polisnya.
  • Pelajari cara klaim asuransinya dan cek juga kondisi-kondisi yang dikecualikan yang tertera di polis asuransi.
See also  Ditunggu Garang dan Nyamannya Toyota 86 2022

3. Asuransi mobil

Asuransi kendaraan bermotor melindungi kendaraan pribadi dari risiko bencana alam, kebakaran, kerusakan dan kecelakaan. Ketahuilah bahwa ada dua jenis asuransi mobil: Asuransi All Risk Vehicle dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Suku cadang berasuransi all risk, kendaraan Anda akan terlindungi dari segala jenis risiko, termasuk benturan ringan, hingga kendaraan hilang. Sejauh menyangkut asuransi mobil TLO, mobil Anda hanya dijamin jika terjadi kecelakaan serius yang mengakibatkan kecelakaan lebih dari 80% atau kehilangan mobil Anda.

Jika Anda memiliki mobil, penting untuk mengasuransikannya karena risiko mengemudi sangat tinggi.

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik:

  • Pilih produk asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan harga lebih tinggi yang tentunya sesuai dengan nilai mobil dan budget Anda.
  • Pelajari dan pelajari kebijakannya. Pilih klaim asuransi (pertanggungan) yang Anda butuhkan.
  • Pelajari cara mengajukan dan memeriksa kondisi yang dikecualikan yang tercantum pada polis asuransi Anda.
  • Telusuri dan bandingkan produk asuransi mobil, dari asuransi mobil konvensional hingga asuransi mobil syariah, di teliti.com dan Anda bisa mendapatkan asuransi mobil terbaik dan termurah.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih! Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

4. Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan bertindak sebagai tabungan masa depan, menjamin kelangsungan pendidikan bagi anak-anak di lingkungan berbiaya tinggi, dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Saat ini banyak produk tabungan bank yang otomatis digabungkan dengan asuransi pendidikan. Anda dapat memilih skema ini, karena kami terutama menghemat pendidikan.

Namun, Anda harus memahami bahwa asuransi pendidikan bukanlah tabungan pendidikan. Ingat, sebelum membeli asuransi pendidikan, pastikan Anda sudah menguasai produk asuransi yang ditawarkan.

Biasanya, asuransi pendidikan ini merupakan produk asuransi tunggal yang mencakup investasi. Cara kerjanya, dana yang terkumpul akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi dalam berbagai instrumen atau portofolio investasi yang mereka anggap tepat dan menguntungkan. Namun perlu diingat bahwa dalam setiap investasi tidak hanya ada keuntungan, tetapi juga risiko.

See also  Begini Cara Membuat dan Download Twibbon Hari Sumpah Pemuda

Cara memilih asuransi terbaik untuk pendidikan Anda:

  • Pilih produk asuransi pendidikan yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda.
  • Pastikan jumlah dana sesuai dengan rencana biaya pelatihan.
  • Pelajari dan pelajari kebijakannya. Jangan tergoda oleh keberuntungan
  • memahami risiko dan cara kerja asuransi pendidikan.
  • Bandingkan produk asuransi pendidikan A dan B. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan biaya premi tidak akan memberatkan.
  • Pelajari cara mengajukan asuransi pendidikan dan periksa ketentuan pengecualian yang tercantum pada polis asuransi Anda.

Baca Juga : Mengenal Jenis Asuransi Mobil dan Premi Sebelum Memilih

5. Asuransi properti

Asuransi properti merupakan bagian dari produk asuransi umum. Asuransi properti dapat melindungi properti yang dimiliki, seperti tempat tinggal/apartemen, usaha pabrik/kost, dll dari risiko kerusakan, pencurian dan kebakaran.

Nantinya, perusahaan asuransi akan menanggung semua biaya yang terkait dengan risiko kerusakan. Secara umum, keuntungan dari asuransi properti adalah Anda bisa mendapatkan ganti rugi jika terjadi kebakaran, pencurian atau bencana alam atas properti yang dipertanggungkan.

Selain itu, asuransi properti tidak hanya mencakup rumah yang telah selesai dan dihuni. Tetapi juga untuk bangunan yang sedang dibangun.

Cara memilih asuransi properti terbaik:

  • Pilih produk asuransi properti sesuai kebutuhan Anda dengan harga premium yang sesuai dengan anggaran Anda.
  • Pelajari dan pelajari kebijakannya. Cari tahu apa manfaat asuransi (pertanggungan) yang ditawarkan.
  • Bandingkan produk asuransi A dan B, cek mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pelajari cara mengajukan asuransi properti dan periksa kondisi yang dikecualikan yang tercantum pada polis asuransi Anda.
  • Ayo mulai asuransi

Ini menjelaskan setiap produk asuransi terpenting yang Anda butuhkan. Pertama, tentukan prioritas dan tujuan keuangan Anda. Kemudian, ketika Anda hendak membeli asuransi, pastikan Anda membeli produk asuransi yang Anda pahami dan pilih manfaat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ingatlah untuk memilih premi yang sesuai dengan anggaran Anda sehingga Anda tidak mengalami kesulitan keuangan. Saatnya memilih asuransi dengan cermat dan manfaatkan keuntungan yang akan Anda terima di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.