Whatsapp Punya Fitur Cepat Untuk Belanja ke Pasar Terdekat

WhatsApp telah membuat fitur baru di Indonesia yang memudahkan pengguna untuk mengobrol dan berbelanja di vendor pasar terdekat.
Dengan cara ini, pengguna cukup mengobrol dengan chatbot Whatsapp “JuWARa Market”. Pilih lokasi dan Anda akan diarahkan ke obrolan dan dapat memesan bahan makanan dari penjual pasar terdekat.

Dealer yang sudah terhubung dengan pembeli membuat katalog penjualannya tersedia dan pembeli hanya perlu melakukan pemesanan

Program “JuWARa Market” sudah dimulai sejak April lalu. 1.130 pengecer dari 66 pasar di 25 kota di Indonesia kini telah menyelesaikan pelatihan bisnis WhatsApp dan mulai berdagang melalui WhatsApp. Pasalnya, pandemi membuat penjualan pedagang pasar tradisional menurun.

“Saya hampir tidak pernah memiliki pelanggan di pasar karena pandemi, sehingga sangat mempengaruhi pendapatan saya. Tapi semua orang yang saya kenal menggunakan WhatsApp, jadi saya mencoba untuk berjualan di WhatsApp,” kata Sriyani Wulan, pedagang di Pasar Baru Mojokerto.

“WhatsApp Business membuat saya lebih mudah berjualan karena saya hanya perlu menampilkan barang-barang penjualan saya dan harganya di katalog, lalu pembeli bisa memesan langsung di sana. Saya juga berharap chatbot ‘Pasar JuWARa’ dapat menarik lebih banyak pelanggan,” kata Sriyani, dealer di Pasar Baru Mojokerto, seperti dikutip dari siaran resmi.

“Kita harus bekerja sama untuk membantu perusahaan-perusahaan ini bertahan dan berkembang, termasuk program Pasar JuWARa yang digagas WhatsApp dan UKM Indonesia,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Cara membeli dari Whatsapp di pasar:

  1. Untuk menemukan dealer terdekat dengan Anda, chat ke 087775313357 atau klik link wa.me/6287775313357 di WhatsApp dan ucapkan “Halo”.
  2. Pengguna kemudian memiliki opsi untuk memilih dealer berdasarkan lokasi atau kategori produk.
  3. Jika Anda memilih berdasarkan lokasi, masukkan 1 dan bagikan lokasi dengan mengklik ikon klip di sebelah ikon kamera dan memilih Bagikan lokasi saya saat ini.
  4. Pengguna kemudian akan diberikan tautan koneksi langsung dan kemudian diminta untuk memilih kategori
  5. produk dan membagikan lokasi mereka untuk melihat daftar dealer yang paling relevan dan nomor WhatsApp Business mereka.
  6. Setelah terhubung ke retailer, pengguna langsung dibawa ke katalog dari Whatsapp Business retailer dan bisa langsung memasukkannya ke keranjang belanja.
Lagi Trending :  5 Hero Tank dengan Damage Paling Mematikan, Bisa Solo Kill

Namun, dalam pengujian, pasar untuk layanan ini masih kecil. Sehingga kemungkinan biaya pengiriman akan menjadi kendala selanjutnya. Karena pasar untuk layanan ini jauh, biaya pengirimannya tentu saja tidak murah. Selain itu, pembayaran juga menjadi masalah selanjutnya bagi pengguna yang jauh dari lokasi.

Bagi pengguna yang berada di sekitar lokasi, biasanya dipasok oleh dealer atau diambil langsung dari pembeli, seperti diakui salah satu dealer yang dihubungi, Rabu (30/6).

Pada bulan Mei, WhatsApp bekerja sama dengan UKM Indonesia untuk mendorong masyarakat berbelanja di pedagang pasar tradisional melalui WhatsApp dan membantu perekonomian Indonesia. Moderator lokal melatih dan mendukung pengecer dalam menyiapkan akun WhatsApp Business mereka.

Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia Esther Samboh mengatakan bahwa WhatsApp akan mendaftarkan lebih banyak pedagang untuk chatbot di masa depan