Apple Akan Rilis Ipad Layar OLED 2022

Grup elektronik Apple sedang mempersiapkan model iPad terbaru dengan tampilan LED organik (OLED), yang akan dipasarkan pada awal tahun depan.

Penerbit Elec mengklaim bahwa Apple akan meluncurkan iPad OLED pada tahun 2022. Tablet ini memiliki layar 10,86 inci, yang dapat disebut sebagai iPad Air, yang saat ini memiliki ukuran layar yang sama persis.

Perusahaan juga akan menyiapkan iPad OLED 11 inci dan 12,9 inci untuk diluncurkan pada 2023, yang secara otomatis akan menjadi model iPad Pro.

Pada peluncuran 9to5mac, laporan tersebut mengklaim bahwa Apple akan menggunakan OLED untuk iPad Air, sementara model iPad Pro masa depan akan menggunakan struktur OLED yang fleksibel.

OLED yang fleksibel memungkinkan layar yang lebih tipis karena komponen dapat ditekuk secara internal. Apple telah menggunakan teknik ini sejak 2017 dengan diperkenalkannya iPhone X di iPhone.

OLED biasanya menggunakan substrat kaca dan enkapsulasi. Menurut Elec, layar OLED iPad akan mengakumulasi bahan organik dan anorganik dalam lapisan bergantian untuk melindungi bahan organik dari air dan oksigen, kata Tech Radar.

Lagi Trending :  5 Alasan Realme X7 Max 5G Cocok untuk Daily Driver Utama

Perpindahan Apple ke OLED menarik dan tidak konvensional, mengingat perusahaan baru-baru ini merilis iPad Pro dengan teknologi layar mini-LED.

Namun, OLED lebih unggul daripada mini-LED, karena setiap piksel menyala secara independen. Sementara itu, mini-LED bergantung pada area zona peredupan yang lebih besar dan dapat menyebabkan efek cahaya latar dengan jenis konten tertentu.

Namun, kelemahan OLED terletak pada kinerja off-angle yang buruk dan kerentanan terhadap burn-in. Panel mini-LED umumnya dapat mencapai kecerahan maksimum yang lebih tinggi daripada OLED.

Tidak biasa bagi Apple untuk mengeluarkan perangkat keras baru, dalam hal ini iPad Pro 2021, dengan teknologi tampilan yang sangat baru yang tidak akan berubah selama dua tahun. Namun, begitu banyak publikasi melaporkan bahwa ini hanyalah rencana yang akan dilaksanakan.

Desain iPad Pro konon akan menggantikan aluminium dengan kaca sebagai bahan untuk casing belakang, sehingga memungkinkan pengisian nirkabel induktif.