Begini Cara Ajukan Bansos di Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Begini Cara Ajukan Bansos di Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Pemerintah melalui kemensos memilik program bantuan bansos yang diberikan kepada masyarakat miskin dan yang terdampak Covid-19 berupa BPNT,BST, dan PKH.

Bagi masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan bansos dari pemerintah padahal termasuk kedalam masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 dapat sedikit bergembira.

Pasalnya Kemensos belum lama ini telah mengeluarkan aplikasi android Cek Bansos yang berguna untuk Cek bantuan Pemerintah dan juga dapat digunakan untuk mendaftar bantuan dari pemerintah.

Download Cek Bansos [DISINI]

Aplikasi Cek Bansos dari kemensos ini adalah suatu trobosan dari pemerintah dalam mengatasi permasalahan seputaran penyaluran bansos di masyarakat.

Aplikasi ini memiliki menu atau fitur yang disebut “Usul” dan “Sanggah”, dimana menu usul adalah fitur yang dapat digunakan untuk mendaftar atau mengusulkan untuk menjadi penerima manfaat bantuan dari pemerintah.

Sedangkan menu Sanggah dapat digunakan masyarakat untuk menyanggah penerima bansos yang dirasa tidak layak untuk menerima bansos.

Dengan menu dan fitur dari aplikasi ini diharapkan dapat mengurangi tingkat salah sasaran pada penyaluran bansos yang jamak terjadi.

Partisipasi masyarakat dalam mengajukan “Usul” ataupun “Sanggah” akan sangat membantu pemerintah dalam pembaruan data penerima bansos.

Jika anda belum pernah mendapatkan bantuan dan ingin mengajukan diri sendiri, anda bisa ikuti langkah – langkah berikut :

Cara Membuat Akun di Aplikasi Cek Bansos

  • Sebelum mendaftar siapkan terlebih dahulu KTP dan KK
  • Kemudian download dan instal aplikasi “Cek Bansos” Disini, atau bisa melalui Playstore dan AppStore. Jangan sampai salah download, karena banyak aplikasi yang sama. Pastikan aplikasi yang anda download adalah dari Kementrian Sosial Republik Indonesia.
  • Registrasi untuk membuat akun di aplikasi
  • Ikuti langkah – langkahnya dan isikan semua data dengan benar dan sesuai dengan KTP
  • Setelah selesai mengisi semua data, Cek email yang anda daftarkan untuk mendapatkan kode verifikasi
  • Masukan kode verifikasi
  • Selesai
See also  Bagikan Bansos yang Cair di Bulan Juli, Pantengin Rekening!

Cara Mendaftarkan Diri menjadi penerima bantuan dan Sanggah Penerima bansos

  • Setelah memiliki akun di aplikasi Cek Bansos, sekarang anda dapat mengusulkan atau mendaftarkan diri sendiri,keluarga atau orang lain untuk mendapatkan bantuan pemerintah.
  • Pilih tambah usulan dan kemudian ikuti langkah – langkahnya, isikan data yang akan anda usulkan menjadi penerima bantuan.
  • Untuk melakukan sanggahan anda dapat menggunakan Menu sanggah, kemudian akan muncul daftar nama penerima bantuan sosial yang berada pada wilayah atau alamat anda.
  • Pilih nama – nama yang akan anda sanggah, kemudian isikan alasan dengan detail.
  • Jika sudah, data yang anda kirimkan akan masuk kedalam sistem kemensos dan akan segera diproses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.