klaim asuransi

Begini Cara Klaim Asuransi Mobil, Yang Gak Mungkin Ditolak!

Penting bagi Anda agar mobil Anda tidak tergores atau bahkan rusak. Namun, lecet atau kerusakan pada kendaraan Anda seringkali terjadi secara tidak terduga.

Hal ini bisa membuat Anda kesal atau kesal karena harus mengeluarkan banyak uang untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, asuransi mobil menjadi penting ketika Anda dihadapkan pada masalah kerusakan kendaraan Anda.

Meski begitu, klaim asuransi mobil terkadang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan karena kemungkinan ditolak oleh perusahaan asuransi sangat tinggi.

Berbagai alasan bisa menjadi faktor yang membuat permohonan asuransi mobil Anda ditolak. Nah, berikut ini IDN Times uraikan beberapa tips asuransi mobil yang dikutip Lifepal.

Baca Juga : 5 Produk Asuransi yang Penting Dimiliki Untuk Proteksi

1. Hubungi perusahaan asuransi Anda.

Tips pertama, sebelum mengajukan asuransi mobil, adalah menghubungi perusahaan asuransi Anda.

Pasalnya, klaim tersebut hanya dapat Anda ajukan kepada perusahaan yang melindungi atau melindungi kendaraan Anda.

Jika kerusakan pada mobil lebih dari sekadar goresan pada bodi mobil, atau Anda mengatakan bahwa Anda mengalami kecelakaan, Anda juga dapat menghubungi polisi.

Namun, satu hal yang pasti: perusahaan asuransi harus menjadi pihak pertama yang harus Anda hubungi jika kendaraan Anda rusak.

2. Memotret kerusakan kendaraan.

Tips kedua saat mengajukan asuransi mobil adalah dengan memotret kerusakan yang terjadi pada mobil Anda.

Perusahaan asuransi tidak hanya memenuhi klaim Anda. Mereka ingin bukti untuk membuktikan bahwa kerusakan pada mobil Anda adalah nyata dan tidak dibuat-buat atau dipalsukan.

Anda cukup memotret bagian mobil yang rusak kemudian menyerahkannya sebagai lampiran klaim asuransi mobil Anda.

Baca Juga : 4 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Online Agar Tak Kecewa

3. Lengkapi formulir pengaduan.

Tips selanjutnya adalah melengkapi dan melengkapi formulir pengaduan secara menyeluruh. Hal ini diperlukan karena formulir merupakan hal utama saat mengajukan klaim.

See also  Mau Kredit Mobil Sistem Syariah? Ini Syarat-syaratnya

Ada pertanyaan dalam kuesioner yang mengharuskan Anda untuk menjelaskan kerugian akibat kerusakan mobil Anda.

Oleh karena itu, Anda harus mengisi formulir sejelas mungkin, lengkap dan sesuai dengan kejadian yang Anda hadapi.

Perusahaan asuransi menyukai formulir yang diisi dengan lengkap dan jelas, sehingga peluang untuk mendapatkan klaim asuransi mobil Anda pun semakin besar.

4. Lengkapi dokumen yang diperlukan.

Tips pengajuan asuransi mobil selanjutnya adalah dengan mengisi berbagai dokumen yang sudah menjadi persyaratan perusahaan asuransi.

Beberapa dokumen tersebut biasanya berupa formulir klaim, fotokopi polis asuransi Anda, fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan surat keterangan polisi jika kendaraan Anda rusak karena kecelakaan dan kecelakaan. dokumen perdata tanggung jawab yang terkait dengan kecelakaan, jika ada.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih! Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

5. Ceritakan kronologi kerusakan mobil yang jelas.

Agar perusahaan asuransi dapat memenuhi klaim asuransi mobil Anda, Anda harus melaporkan dan menyebutkan kronologis kerusakan mobil Anda dengan jelas dan jelas.

Perusahaan asuransi sering berbicara kepada Anda sebagai pemilik mobil ketika mereka menganggap informasi yang Anda berikan pada formulir tidak jelas.

Untuk itu penting bagi Anda untuk jujur ​​dan jujur ​​memberitahu perusahaan asuransi sejarah kerusakan kendaraan Anda.

6. Menggunakan jasa bengkel rekanan perusahaan asuransi.

Tips selanjutnya – perhatikan pilihan bengkel mobil tempat Anda dapat memperbaiki mobil Anda seluler.

Agar Anda tidak mengalami kerugian bahkan tidak dikenakan biaya yang besar, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa bengkel rekanan untuk memperbaiki asuransi mobil Anda.

Ini biasanya Anda akan menerimanya ketika perusahaan asuransi telah selesai memeriksa aplikasi.

Jika pemeriksaan dianggap tepat dan kerusakan pada kendaraan Anda benar-benar terjadi, perusahaan asuransi akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) kepada Anda, yang dapat Anda gunakan sebagai surat pengantar untuk perbaikan di bengkel rekanan.

Baca Juga : Daftar Asuransi Mobil Terbaik 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.