Aplikasi Kencan Aman Tapi Cyberstalking dan Doxing

Peneliti Kaspersky melakukan studi mendalam terhadap sembilan aplikasi kencan populer untuk menilai seberapa aman aplikasi tersebut.

Untuk menyelidiki hal ini, Kaspersky menganalisis sembilan aplikasi kencan populer dan berperingkat tinggi dengan basis pengguna global, yaitu Tinder, Bumble, OkCupid, Mamba, Pure, Feeld, Her, Happn, dan Badoo.

Alhasil, aplikasi kencan secara teknis lebih aman dibandingkan penelitian Kaspersky sebelumnya di tahun 2017, terutama terkait transfer data. BACA JUGA –
Bukan hanya Delta, WHO menyerukan semua varian kekerasan COVID-19 yang telah terkumpul di Indonesia

Namun, aplikasi ini masih menimbulkan risiko yang signifikan untuk mengungkapkan terlalu banyak informasi pribadi tentang pengguna – membuat mereka rentan terhadap ancaman seperti cyberstalking dan doxing.

Selain itu, sebagian besar aplikasi kencan memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan akun mereka ke salah satu situs jejaring sosial mereka seperti Instagram, Facebook, Spotify, dll.

Jika pengguna memilih ini, profil mereka akan secara otomatis diisi dengan informasi dari situs jejaring sosial seperti foto dan informasi biografi.

Pengguna juga dapat berbagi informasi seperti tempat kerja atau universitas mereka. Semua data di atas memudahkan pencarian akun media sosial pengguna aplikasi kencan.

Selain itu, aplikasi seperti Happn, Her, Bumble, dan Tinder semuanya mengharuskan pengguna untuk membagikan lokasi mereka. Dan beberapa aplikasi, seperti Mamba, juga memberi tahu pengguna detail jarak terdekat yang memungkinkan.

Sementara itu, Happn memiliki fitur tambahan yang memungkinkan pengguna untuk melihat seberapa sering dan di mana mereka dapat bertemu dengan calon pasangan mereka.

Selain itu, Mamba adalah satu-satunya aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengaburkan foto
gratis, dan Pure adalah satu-satunya yang melarang pengguna mengambil rekaman
Layar obrolan.

Fitur-fitur inilah yang memungkinkan pengguna untuk berbagi obrolan dan foto mereka tanpa izin dan mungkin untuk tujuan pemerasan atau doxing.

Namun, banyak aplikasi telah menambahkan versi berbayar, dan ini mencakup opsi tambahan yang dapat meningkatkan keamanan pengguna. Misalnya, dalam versi berbayar Tinder dan Bumble, pengguna dapat secara manual memilih lokasi untuk wilayah tertentu.

Karena dibandingkan menggunakan jarak dekat, saat memilih lokasi berdasarkan wilayah, akan jauh lebih sulit untuk menggambarkan lokasi pengguna secara tepat.

Dan beberapa versi berbayar dari aplikasi seperti Happn menawarkan kepada pengguna mode penyamaran yang memungkinkan pengguna menyembunyikan profil mereka dari orang asing dan pengguna lain.