Mau Membeli Lamborghini Huracan? Ini Rincian Biaya Perawatannya

Siapa yang tidak menginginkan mobil super seperti Lamborghini Huracan? Semua orang akan. Namun tentu tidak semua orang bisa melakukannya. Pasalnya, harga Lamborghini Huracan sangat mahal.

Sebuah Lamborghini Huracan saat ini dibanderol Rp 8,9 miliar. Uang itu cukup untuk membeli 260 unit Honda PCX 160. Jadi bayangkan saja betapa mahalnya Lamborghini Huracan ini.

Selain harganya yang mahal, biaya operasional dan perawatannya pun tidak bisa dibilang murah. Nah, berikut ini adalah beberapa biaya yang harus dibayar ketika Anda memiliki Lamborghini Huracan seperti yang diutarakan Lifepal.

1. Bahan Bakar

Pertama, mari kita bicara tentang berapa harga bensin Lamborghini Huracan. Menurut data, mobil ini mengkonsumsi sekitar 5,3 liter untuk satu kilometer dengan minimal bahan bakar Pertamax turbo dengan harga liter Rp 10.100.

Tangki bensin mobil ini adalah 90 liter. Jadi jika kantor Anda berjarak 10 kilometer, Anda harus mengisi bensin sebanyak 53 liter untuk sekali jalan. Jika Anda mengisi tangki sampai penuh, Anda harus mengisinya kembali keesokan harinya.

Bisakah Anda bayangkan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli bensin?

2. Servis dan ganti oli

Untuk mobil biasa, tune up dan ganti oli reguler biasanya menghabiskan biaya kurang dari 1 juta rupiah. Namun hal berbeda dengan Lamborghini. Karena untuk mobil super sport seperti ini membutuhkan oli yang super high quality, atau bisa juga disebut high quality. Dan harga minyak jenis ini tidaklah murah.

Sekadar informasi, oli sintetik kualitas tinggi paling murah Rp 800.000 hingga Rp 1 juta per liter. Mobil ini membutuhkan setidaknya delapan liter minyak. Jadi kalau minyaknya Rp 800.000 per liter, Anda harus merogoh kocek Rp 6,4 juta hanya untuk membeli minyaknya. Ini belum termasuk biaya servis lho.

Total biaya ganti oli dan tuning bisa mencapai Rp 15 juta. Dan ingat bahwa servis ini harus dilakukan secara rutin setiap 5.000 km.

3. Kopling menghadap

Masa pakai lapisan kopling Lamborghini dikatakan hanya 5 hingga 7 ribu kilometer. Maklum, ini adalah mobil super dengan performa luar biasa. Kabar lainnya, harga layar kopling mobil ini tak kurang dari $5.000 atau Rp 50 juta!

Mengganti kanvas ini biasanya dilakukan bersamaan dengan perawatan kecil. Jadi saat Anda mengganti oli, Anda juga bisa mengganti bagian depan kopling.

4. Kerusakan komponen

Sekarang mari kita coba menghitung berapa banyak uang yang harus dikeluarkan jika terjadi kegagalan komponen. Karena baut pada mobil ini harganya 3 juta rupiah lho, sedangkan gagang pintunya bisa sampai 18 juta rupiah. Dan harga selang minyak remnya Rp 4,6 juta.

Komponen seperti itu biasanya perlu diganti setelah mobil melaju 10.000 km. Belum lagi apakah perlu membenahi sektor kaki-kaki seperti velg atau suspensi. Percayalah, biaya servis Mercedes-Benz atau BMW akan murah.

5. Ban

Lamborghini menggunakan ban standar Pirelli. Lamborghini Huracan menggunakan tipe Pirelli PZero yang dibanderol Rp 16 juta per ban. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih tahan lama dalam hal penggunaan, Anda dapat memilih Michellin Pilot Sport. Harganya Rp 19 juta.

Dengan output mesin yang tinggi, ban harus menggigit aspal dengan baik agar tidak selip. Oleh karena itu, kondisi ban harus selalu dijaga. Oleh karena itu, disarankan agar Anda mengganti ban setiap 20.000 kilometer. Biaya lagi, kan?

6. Pajak tahunan

Selain itu, ada faktor biaya lain yang harus Anda keluarkan setiap tahun, yaitu pembayaran pajak tahunan. Untungnya, pajak tahunan Lamborghini Huracan tidak mahal, hanya sekitar Rp 180 juta per tahun!

Masih tertarik servis Lamborghini Huracan?