Bansos Segera Dicairkan Lagi, Penerima Dapat Bonus Beras 10 Kg

Kementerian Sosial akan mendistribusikan Uang Jaminan Sosial (BST) sebesar Rs 300.000 per bulan sejalan dengan Pembatasan Darurat Kegiatan Umum (PPKM).

Selain itu, penerima Bantuan Langsung Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH) akan mendapatkan tambahan beras beras 10 kilogram.

“BST dan PKH itu dibagikan kepada 10 juta penerima ditambah 10 kilogram beras,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma dalam siaran tertulis, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga : Cara Cek Nama Penerima Bansos Tunai Rp 600 Ribu Selama PPKM

1. Pendistribusian BST menjadi prioritas bagi daerah yang melaksanakan PPKM Darurat.

Beras 10 kilogram akan disalurkan Perum Bulog, mengingat jaringan Bulog sudah ada di seluruh Indonesia.

“Kami mengirimkan data penerima BST dan PKH ke Bulog dan mereka menyebarkan beras melalui jaringan mereka di seluruh Indonesia,” kata Risma.

Pemutakhiran data penerima BST dalam data Jamsostek Terpadu (DTKS) telah selesai sejak akhir pekan lalu dan siap digunakan untuk disalurkan.

Prioritas pendistribusian BST adalah daerah-daerah yang sedang dilaksanakan PPKM darurat dan tempat-tempat lain yang memanfaatkan teknologi, jadi ini tinggal klik mouse saja, tambah Mensos.

Baca Juga : Pemerintah Mulai Salurkan BST di Masa PPKM Darurat

2. Dari Mei hingga Juni, BST langsung diterima.

Sementara itu, penyaluran BST dari Mei hingga Juni akan langsung diterima penerima, yakni sebanyak 600 ribu rupiah ditambah 10 kilogram beras dari Bulog.

“Penerima BST dan PKH menerima 10 kg beras dari Bulog, bukan bank,” kata Risma.

Untuk penyaluran BST melalui PT Pos Indonesia, sedangkan PKH akan disalurkan melalui Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) dan beras melalui Perum Bulog.

“Peluncuran dimulai secara bertahap minggu lalu setelah pembaruan DTKS dilakukan,” kata Risma.

Baca Juga : Jokowi Instruksikan Sri Mulyani Cairkan Bansos Minggu Ini

3. Bantuan sosial dibayarkan minggu ini sesuai instruksi Presiden.

Risma sebelumnya mengabarkan bahwa bantuan sosial diberikan pada pekan ini sesuai arahan Presiden sejalan dengan pemberlakuan Pembatasan Darurat Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

“Jadi, sesuai arahan presiden, untuk mempercepat pembayaran bansos minggu ini agar bisa segera membantu masyarakat,” pungkas Risma.

Anggaran menargetkan 10 juta penerima BST sebesar Rp 6,1 triliun, PKH menargetkan 10 juta penerima Rp 13,96 triliun dan BPNT untuk 18,8 juta penerima Rp 45,12 triliun.

Baca Juga : Begini Cara Mencairkan Bansos Tunai Rp600 Ribu