Begini Tips Membedakan Velg Mobil yang Orisinal dan Replika

Bagi para pecinta mobil, modifikasi biasanya dilakukan untuk “menghias” eksterior dan interior sebuah kendaraan. Salah satu komponen yang menjaga eksterior mobil adalah roda. Ada beberapa variasi velg yang beredar di pasaran yaitu velg original yang biasa disebut velg original, ada juga velg replika dan velg TW. Tetapi untuk menghemat uang, pengubah sering memilih velg replika atau TW. Lalu apa bedanya?

Velg replika adalah velg yang diproduksi semirip mungkin dengan velg aslinya, mulai dari model, logo dan diakhiri dengan nama velg itu sendiri. Velg TW sendiri merupakan nama lain dari velg replika yang artinya sama yaitu velg duplikat. Kata TW sendiri merupakan akronim dari Taiwan, dimana negara tersebut memang dikenal sebagai negara roda replika.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Mobil Bekas dengan Harga di Bawah Rp 50 Juta

Sedangkan velg original adalah velg sendiri yang dari segi desain, nama dan logo dibuat oleh brand sendiri. Tidak ada unsur duplikasi karena pengembangan dan produksi masing-masing tim internal. Build qualitynya juga pasti lebih terjamin.

Direktur Pemasaran HSR Wheels Hendra Vijaya mengatakan komponen terkait keselamatan tidak boleh diganti secara sembarangan. Meski mobil terlihat keren setelah itu, tetap percuma jika mengorbankan sisi keselamatan. Bahkan, hal ini akan menimbulkan kerugian yang lebih besar lagi di kemudian hari.

“Roda merupakan salah satu komponen yang menjamin keselamatan penumpang dalam sebuah mobil. Makanya proses pembuatan velg tidak bisa dilakukan sembarangan, semuanya harus diperhitungkan dengan matang,” ujar Hendra Vijaya.

Baca Juga : Tips Memilih Sebelum Membeli Mobil Bekas

“Lebih baik menghindari salinan roda yang berisiko. Meski aman di kantong, tak perlu diajak jalan-jalan. Juga hati-hati dalam pemakaian sehari-hari,” lanjut Hendra.

Fenomena roda replika telah banyak dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir. Ada cukup banyak pengguna, dan benar-benar tidak ada yang melarang menggunakannya. Namun keselamatan berkendara tetap harus menjadi prioritas, hal ini dilakukan tidak hanya untuk keselamatan diri sendiri, tetapi juga untuk keselamatan pengguna jalan lainnya.

Hendra menjelaskan, ada 2 faktor yang membedakan velg replika dan velg asli. Biasanya untuk harga dan kualitas. “Roda replika biasanya lebih murah daripada yang asli. harga velg original pasti lebih mahal karena membutuhkan banyak proses. Dari proses pengembangan konsep, penelitian material, pengujian kekuatan hingga proses manufaktur. Langkah-langkah ini sangat memakan waktu dan mahal. Sedangkan replika hanya menduplikasi desain velg asli dan dicetak untuk menekan harga,” kata Hendra.

“Faktor kedua adalah kualitas. Untuk menekan biaya, velg replika biasanya cenderung berkompromi dengan material, metode pembuatan, kontrol kualitas, dan hasil akhir yang kurang rapi dibandingkan velg asli,” lanjut Hendra.

Baca Juga : Begini 6 Cara Mudah Tambal Ban Tubeless Sendiri

Pada dasarnya penggunaan TW wheel atau cue tidak dilarang, karena merupakan hak setiap pengguna. Namun, keselamatan berkendara adalah tanggung jawab setiap pengguna jalan. Jadi kalau ada yang original dan berkualitas tinggi dengan standar SNI, JWL, VIA seperti HSR Original, maka lebih bagus yang original kan?

Sebagai merek velg mobil asli Indonesia, HSR memiliki desain original bernama HSR Original. HSR Original sendiri merupakan bagian dari roda HSR, yang didedikasikan untuk desain asli HSR. Saat ini, HSR Original telah memiliki beberapa seri velg original design yang dikembangkan dan diimplementasikan oleh tim R&D Wheel HSR.

“HSR original kami terbagi menjadi beberapa seri, mulai dari seri Myth, seri NX, seri Boroko, seri Invation, seri RAI-S, dan seri FE akan segera hadir. Beberapa dibuat dengan casting dan beberapa dengan menempa. Untuk harga, tentunya casting jenis ini lebih murah dibandingkan dengan yang ditempa. Karena proses pembuatannya sendiri berbeda,” tambah Hendra.

“HSR Kailolo dari seri NX, HSR Myth 05 dari seri Myth dan HSR Gymkana dari seri Boroko adalah velg original yang saat ini banyak diminati. Tentunya dengan tersedianya sarana produksi yang berkualitas, masyarakat akan mendapatkan kepuasan yang mereka harapkan,”

Baca Juga : Tips Mengendarai Motor Kopling Manual Untuk Pemula