Tips Memilih Sebelum Membeli Mobil Bekas

Tips memilih sebelum beli mobil bekas

Sebelum membeli mobil bekas, Anda perlu memastikan beberapa hal, misalnya kondisi mesin, kelengkapan dokumen. Dengan cara ini Anda dapat menghindari hal-hal yang merugikan.
Untuk memudahkan Anda, berikut rangkuman tips memilih mobil bekas berkualitas:

Baca Juga : 10 Rekomendasi Mobil Bekas dengan Harga di Bawah Rp 50 Juta

1. Periksa kondisi mesin.

Memeriksa kondisi mesin sangat penting saat membeli mobil bekas. Di masa depan, kondisi mobil yang buruk bisa menyulitkan Anda, terutama dalam hal biaya perbaikan.
Untuk itu, Anda perlu memastikan kualitas mesin mobil. Anda juga perlu memeriksa proses starter mobil, transmisi, throttle, rem kemudi dan suara mesin. Suara mesin yang stabil menunjukkan bahwa mesin dalam kondisi baik. Juga mengambil test drive untuk memeriksa mobil.

2. Kelengkapan dokumen.

Sebelum membeli mobil bekas, Anda harus teliti memeriksa kelengkapan dokumen. Pastikan Anda menerima surat asli yang lengkap. Perhatikan secara khusus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan (BPKB).
Anda juga dapat membawa dokumen tersebut ke kantor Samsat terdekat untuk memverifikasi keaslian dokumen tersebut. Jika tidak diperbolehkan, Anda dapat membawa dokumen terkait berupa fotokopi.

Baca Juga : Begini 6 Cara Mudah Tambal Ban Tubeless Sendiri

3. Eksterior dan interior mobil

Perhatikan eksterior dan interior mobil agar tidak kecewa di kemudian hari. Amati bodi, cat, dan kaca. Pastikan tidak ada penyok, goresan atau kerusakan lainnya. Setelah itu, Anda bisa menilai kondisi klakson, lampu depan, AC, dashboard, bagasi.

4. Tempat pembelian

Tempat pembelian dapat mempengaruhi kualitas kendaraan bekas yang Anda terima. Untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas, sebaiknya pilih mobil yang dijual oleh pemilik aslinya.

Selain lebih murah, kamu juga bisa mengetahui latar belakang mobil bekas tersebut. Tidak disarankan untuk membeli mobil bekas dari dealer mobil. Karena kita mungkin tidak mengetahui kerusakan kendaraan.

Baca Juga : Tips Mengendarai Motor Kopling Manual Untuk Pemula

5. Waspadalah terhadap penurunan harga n pada mobil.

Kebanyakan orang cenderung terpikat oleh biaya mesin miring. Namun, ini harus dipantau. Karena ada kemungkinan mobil pernah mengalami masalah seperti kecelakaan atau banjir.
Padahal, mendapatkan mobil bekas yang bagus dengan harga murah bukanlah hal yang mustahil. Namun Anda perlu berhati-hati jika harga yang ditawarkan jauh lebih rendah dari harga pasar.

6. Sabar dan perhatian

Sangat penting untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Pastikan Anda menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil yang ingin Anda beli.

Periksa semuanya dengan cermat, hingga detail terkecil. Jangan terpaku pada satu mesin, buatlah beberapa perbandingan.

Baca Juga : Ini Cara Ganti Oli Motor di Rumah Saat PPKM Darurat