4 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Online Agar Tak Kecewa

Saat ini, Anda dapat melakukan lebih dari sekadar pembelian di Internet. Asuransi kendaraan bermotor juga dapat diajukan secara online.

Hanya dengan smartphone atau gadget, mendapatkan asuransi mobil atau motor semudah dalam genggaman. Lebih praktis dan mudah, karena bisa dilakukan kapan saja, di mana saja.

Namun mencari asuransi mobil secara online sama halnya dengan membeli, Anda harus berhati-hati agar tidak frustasi atau menyesal di kemudian hari. Berikut beberapa tips memilih produk asuransi kendaraan online:

Tidak yakin bagaimana menemukan asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Baca Juga : Jangan Salah Pilih! Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Asuransi mobil

1. Periksa premi asuransi Anda.

Besaran premi asuransi mobil yang ditawarkan setiap perusahaan berbeda-beda. Tergantung keuntungan apa yang Anda dapatkan, tahun mobil, serta jenis dan tipe mobil.

Pemberian penghargaan juga diatur dalam peraturan Kantor Jasa Keuangan (OJK). Full damage insurance only (TLO), persentase premi berkisar antara 0,20% hingga 0,69% dari nilai mobil per tahun.

Sedangkan untuk premi asuransi all risk/komprehensif berkisar antara 1,05% hingga 4,20% per tahun. Besarnya premi tergantung pada wilayah dan besarnya nilai pertanggungan.

Asuransi untuk semua kendaraan berisiko benar-benar lebih mahal, karena asuransi mengkompensasi semua jenis kerusakan. Mulai dari kerusakan ringan, kerusakan besar atau kerugian.

Hanya goresan kecil pada mobil akan diganti oleh perusahaan asuransi. Dengan asuransi TLO, kerugian dapat dijamin jika kerusakan melebihi 75%. Jadi, jika tergores, tergores atau sedikit penyok, tidak tertutup.

2. Mudah untuk mengajukan klaim

Hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli produk asuransi kendaraan online adalah menyederhanakan proses aplikasi. Berapa hari waktu yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim, syarat apa yang diperlukan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melikuidasi klaim.

Anda tentu tidak ingin membeli asuransi mobil, tetapi sulit ketika Anda ingin mendapatkannya. Di pingpong, di beberapa tempat bingung, prosedurnya panjang dan panjang.

Dalam hal ini, Anda dapat mengetahui atau melacaknya di situs pencarian Google dengan mencari riwayat klaim pada perusahaan asuransi. Atau dengan bertanya kepada teman pengguna jasanya.

Baca Juga : Daftar Asuransi Mobil Terbaik 2021

3. Perlindungan berkelanjutan yang terjamin.

Tidak ada yang tahu kapan mobil atau motor Anda akan dalam bahaya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membeli produk asuransi kendaraan online yang dapat menjamin perlindungan kapan saja, di mana saja, kapan saja. Selama 24 jam 7 hari.

Jika Anda sangat membutuhkannya, Anda bisa segera menghubungi dan meminta bantuan untuk mempermudah proses pengajuan asuransi kendaraan, seperti penggantian kendaraan.

Kehati-hatian harus diambil ketika membandingkan produk asuransi kendaraan online.

4. Bandingkan satu produk dengan produk lainnya.

Setiap perusahaan asuransi tentunya memiliki produk unggulan dengan manfaat yang berbeda-beda. Misalnya produk A yang kuat di jaringan bengkel mitra. Sedangkan produk premium B lebih murah. Anda harus membandingkan produk satu sama lain untuk mendapatkan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Jangan mengambil asuransi untuk mobil lama Anda.

Tentu saja, perusahaan asuransi sangat senang jika berhasil menarik banyak klien. Tetapi ini tidak berarti bahwa perusahaan akan begitu saja menerima mobil untuk diasuransikan.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri mengenai batas usia maksimal kendaraan yang diasuransikan. Rata-rata, satu unit mobil membutuhkan waktu 10 hingga 15 tahun.

Oleh karena itu, pastikan usia kendaraan yang diasuransikan tidak melebihi 10 tahun agar pengajuan asuransi tidak ditolak.

Pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda

Pilihan asuransi mobil harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Jika anggaran asuransi Anda tidak hanya fokus pada pembiayaan asuransi mobil, tetapi juga pada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, bahkan asuransi rumah, Anda bisa membeli asuransi TLO.

Jika Anda masih perlu mengcover asuransi kesehatan dari anggaran yang dialokasikan setiap bulannya, sebaiknya pilih asuransi TLO. Di sisi lain, jika Anda membutuhkan pertanggungan yang komprehensif dan dapat membayar premi, Anda dapat mengajukan asuransi all-risk.

Anda dapat menyisihkan atau menunda 10% untuk asuransi. Asuransi ini lagi-lagi dibagi menjadi dua bagian, misalnya asuransi kesehatan 5% dan asuransi kendaraan 5%.

Tidak Biarlah, alih-alih menabung tanpa asuransi mobil, Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk perbaikan mobil sana-sini jika muncul risiko yang tidak diinginkan. Lebih buruk lagi, jika mobil hilang, tidak ada pihak yang dirugikan.

Dengan memiliki asuransi dan membayar premi secara disiplin, Anda akan terhindar dari kerugian yang bisa timbul dalam hidup Anda masa depan. Lebih baik menghabiskan sedikit uang untuk bonus daripada memberikan yang terbaik nanti.

Baca Juga : Mengenal Jenis Asuransi Mobil dan Premi Sebelum Memilih