Perbedaan Investasi dan Trading

Pemula Wajib Tahu, 4 Perbedaan Investasi dan Trading

Banyak orang Indonesia melihat investasi dan trading sebagai hal yang sama. Sebenarnya, ini adalah hal yang sangat berbeda. Perbedaan ini tidak mudah dipahami oleh pendatang baru di dunia pasar modal.

Di pasar modal, keduanya memiliki keunggulan yang berbeda. Selain itu, ada beberapa perbedaan yang signifikan. Sesuatu? Simak perbedaan antara investasi dan trading berikut

Baca Juga : Pahami, Ini Perbedaan Investasi dan Trading Saham

1. Tujuan mereka berbeda.

Perbedaan pertama yang jelas adalah bahwa sementara berinvestasi adalah tentang menciptakan kekayaan jangka panjang dengan membeli perusahaan yang bagus dan menahannya untuk waktu yang lama, perdagangan adalah kebalikan dari menghasilkan keuntungan dengan sering membeli dan menjual saham.

2. Jangka waktu menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Seperti disebutkan sebelumnya, jangka waktu investasinya panjang, bahkan bisa beberapa dekade. Misalnya, orang tua yang berinvestasi pada anak atau cucunya. Jadi nanti, saham yang diakuisisi akan naik nilainya menjadi jutaan. Tentunya saham yang dipilih harus sehat secara finansial dan fundamental.

Di sisi lain, periode perdagangan adalah jangka pendek. Bisa menit, jam, hari, atau minggu. Bahkan, terkadang seorang trader membeli atau menjual saham secara tajam dan langsung mendapat untung dalam waktu kurang dari satu menit.

3. Memiliki daya tarik tersendiri bagi investor.

Pandangan dan perilaku investor dalam hal ini juga berbeda, jika Anda memperhatikannya. investor yang memilih untuk berinvestasi pada instrumen saham biasanya santai saat membeli dan menjualnya tergantung pada fluktuasi pasar. Ini karena kami melihat tujuan yang menciptakan kekayaan dalam jangka panjang.

Namun, investor yang memilih untuk berdagang atau disebut juga pedagang cenderung memperoleh keuntungan besar dalam waktu singkat. Mereka biasanya memainkan permainan perdagangan aktif di pasar dan membutuhkan waktu dan kehadiran untuk menghasilkan keuntungan.

Baca Juga : Menguak Mitos Trading Forex, Apa Benar Sesusah Itu?

4. Manfaat yang diterima dan elemen keamanan berbeda.

Saat berinvestasi, investor memanfaatkan peluang seperti bonus, dividen, pemecahan saham dan lain-lain. Sementara dalam trading, trader hanya memegang saham untuk jangka waktu yang singkat dan oleh karena itu tidak memanfaatkan kesempatan ini.

Selain itu, elemen pelindung keduanya juga berbeda. Investor yang berinvestasi di perusahaan yang kuat secara fundamental akan merasa lebih mudah untuk kembali ke nilai sebenarnya dari waktu ke waktu, dan kerugian akan diperoleh kembali. Sementara itu, trader menggunakan stop loss atau tindakan untuk menjual saham pada harga tertentu untuk membatasi kerugian.