Cara Cek Nama Penerima Bansos Tunai Rp 600 Ribu Selama PPKM

Pemerintah kembali memberikan bantuan Uang Tunai Jaminan Sosial (BST) kepada warga terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 10 juta orang miskin akan menerima manfaat.

“Bansos tunai diperpanjang dua bulan, terutama untuk membantu masyarakat yang terdampak situasi darurat,”

Pemerintah menyebutkan, akan menyiapkan anggaran sebesar Rp 6,1 triliun untuk memperpanjang program bantuan tunai tersebut. Ia menegaskan, 10 juta penerima bansos tersebut merupakan keluarga miskin yang belum mendapatkan insentif lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako.

Baca Juga : Bansos Segera Dicairkan Lagi, Penerima Dapat Bonus Beras 10 Kg

“Perpanjangan dua bulan (bantuan sosial) akan dibayarkan pada Juli dan Agustus. Kami akan mendistribusikannya ke keluarga di 34 provinsi,”

Lalu bagaimana warga bisa mengecek apakah mereka layak mendapatkan bantuan sosial tunai?

1. Warga dapat mengecek di website cekbansos.kemensos.go.id.

Bagi Anda yang ingin memeriksa apakah mereka adalah bagian dari keluarga penerima (KPM), Anda dapat mencari di https://: cekbansos.kemensos.go.id. Berikut adalah langkah-langkah untuk memverifikasi identitas Anda:

1. Masukkan data RT, RW kelurahan dan desa/kelurakhan.

2. Masukkan nama penerima sesuai KTP, masukkan dua kata yang tertera pada kolom kode.

3. Jika kode huruf tidak jelas, klik gambar terupdate untuk mendapatkan kode huruf baru.

4. Kemudian klik tombol pencarian data tombol

Baca Juga : Pemerintah Mulai Salurkan BST di Masa PPKM Darurat

Menurut laman resmi Kementerian Sosial di Instagram @kemensosri, mekanisme penyaluran BST tetap sama, yakni bisa diperoleh dari kantor pos dan Himpunan Bank Negara (Himbara).

“Mudah-mudahan bisa dilaksanakan paling lambat minggu kedua bulan ini (Juli) dan kami akan berusaha mendistribusikan semuanya ke warga,” mengutip data dari akun Instagram Kementerian Sosial.

Artikel Pilihan : 

  1. Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Gak Pake Ribet
  2. Punya SPBU Hanya Dengan Modal Jual Inova 3 Bulan Balik Modal
  3. 3 Aplikasi Kamera Transparan di Android
  4. Formasi CPNS 2021 Untuk Instansi Daerah dan Kementerian
See also  Rekomendasi Pinjaman Online Terbaik 2021

2. Pemerintah mengatakan bahwa 9,4 juta orang telah menerima bantuan keuangan.

Sementara itu, Menteri Keuangan menjelaskan, selain warga yang tidak mendapatkan manfaat PKH dan kartu sembako, mereka juga harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK) dan nomor telepon. Saat ini, bantuan keuangan telah diberikan kepada 9,6 juta penduduk. Anggaran yang dibayarkan mencapai Rp 11,94 triliun.

Ini nilai penyaluran Januari-April 2021 dengan indikator 300 ribu rupiah per kelompok penerima per bulan. “Nah, untuk perpanjangan dua bulan ini, kami berharap bisa dibayarkan pada Juli dan Agustus. Targetnya 10 juta KPM di 34 provinsi,” kata Ani.

Baca Juga : Presiden Perintahkan Mentri Keuangan Cairkan Bansos Minggu ini

3. Penerima bantuan tunai juga akan menerima beras.

Sementara itu, Kemensos menyatakan juga memberikan bantuan lain kepada penerima bantuan Program Bansos Tunai dan Program Keluarga Harapan. Warga juga akan menerima 10 kilogram beras.

“BST dan PKH masing-masing dibagi 10 juta penerima ditambah 10 kilogram beras,”

Kemensos menjelaskan, 10 kilogram beras akan didistribusikan Perum Bulog, mengingat jaringan Bulog sudah ada di seluruh Indonesia.

“Data penerima BST dan PKH kami kirimkan ke Bulog dan mereka menyebarkan beras melalui jaringannya ke seluruh Indonesia,” ujarnya.

Pemutakhiran data penerima BST dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) telah selesai sejak akhir pekan lalu dan siap digunakan untuk disalurkan.

Baca Juga : Begini Cara Mencairkan Bansos Tunai Rp600 Ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published.