kredit mobil syariah
Syarat Kredit mobil syariah

Mau Kredit Mobil Sistem Syariah? Ini Syarat-syaratnya

Ada banyak cara untuk memiliki mobil, salah satunya dengan cara pinjaman. Apalagi sekarang ada kredit mobil syariah. Jadi bagi Anda yang takut terjebak dalam riba dapat mengambil kredit mobil di bawah hukum Syariah.

Banyak juga bank yang menawarkan kredit mobil syariah, mulai dari Mandiri, BNI, hingga BCA. Seperti kredit mobil pada umumnya, kredit mobil syariah juga menyediakan pembayaran dengan cara mencicil. Jangka waktu maksimal hingga 5 tahun.

Nah, berikut ini adalah tips mendapatkan kredit mobil syariah beserta syarat dan ketentuan yang terpampang di lifepal.

Baca Juga : Perbedaan Kredit Mobil Konvensional dan Syariah

1. Pilih penyedia kredit mobil syariah.

Langkah pertama adalah mencari rekomendasi penyedia layanan kredit mobil syariah. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan mesin pencari Google, media sosial, atau bertanya kepada orang yang kompeten.

Jika tidak ingin pusing, Anda bisa memilih bank syariah atau lembaga keuangan syariah yang sudah berpengalaman memberikan pinjaman syariah. Opsi ini lebih aman bagi Anda yang baru pertama kali melakukan kredit mobil syariah.

Juga, jangan lupa untuk mengetahui review atau testimoni pelanggan tentang bank syariah atau lembaga keuangan syariah yang telah Anda pilih.

2. Pilih salah satu yang menawarkan minat kompetitif.

Setelah Anda mendapatkan beberapa penyedia kredit mobil syariah, langkah selanjutnya adalah membandingkan penawaran bunganya. Pilih salah satu dengan suku bunga paling kompetitif. Ingatlah bahwa bunga kompetitif tidak berarti bunga pinjaman minimum.

Karena jika suku bunga pinjaman terlalu rendah, berhati-hatilah. Apalagi jika bunga yang ditawarkan jauh lebih rendah dibandingkan dengan bank atau lembaga keuangan lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari dan mengetahui profil perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman mobil syariah.

Baca Juga : 5 Produk Asuransi yang Penting Dimiliki Untuk Proteksi

3. Syarat kredit mobil syariah.

Setelah menentukan di mana Anda akan mengambil kredit mobil syariah, langkah selanjutnya adalah menyiapkan persyaratannya. Karena setiap bank dan lembaga keuangan memiliki detail atau persyaratan yang berbeda.

See also  Perbedaan Kredit Mobil Konvensional dan Syariah

Berikut syarat pengajuan kredit mobil syariah yang biasanya diminta oleh bank:

  • Fotokopi KTP
  • Memiliki sumber pendapatan yang stabil (dikonfirmasi dengan kwitansi gaji atau rekening koran 3 bulan terakhir)
  • Memiliki SIM A
  • Jika Anda seorang pengusaha, Anda dapat melampirkan laporan bisnis.
  • Melakukan uang muka atau down payment saat membeli mobil bekas atau baru
  • Membayar premi asuransi sesuai dengan jumlah tahun perlindungan. Anda juga bisa membeli asuransi mobil syariah.
  • Pembayaran biaya administrasi bank
  • Pembayaran biaya fidusia notaris
  • Membayar biaya transfer nama kendaraan bermotor (BBNKB). Komisi BBNKB dihitung dengan mengalikan persentase bea masuk yang dibebankan oleh masing-masing provinsi dengan Nilai Jual Kendaraan (NJKB).
  • Khusus untuk mobil bekas, ada pembayaran wajib berupa cek fisik. Besarannya tergantung pada masing-masing bank syariah atau lembaga keuangan syariah lainnya.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda sudah siap untuk mengambil kredit mobil syariah?

Baca Juga : 4 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Online Agar Tak Kecewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.