Tips Kreatif Buat Konten lewat Smartphone Selama PPKM

Menyusul diberlakukannya Pembatasan Kegiatan Darurat Masyarakat (PPKM) mulai Senin, 5-20 Juli 2021, aktivitas masyarakat kembali dibatasi. Suka atau tidak suka, Anda perlu melakukan lebih banyak hal di rumah.

Nah, berikut adalah lima tips yang terinspirasi dari Samsung untuk meningkatkan kualitas fotografi Anda di Galaxy A series, lebih khusus Galaxy A52, saat di rumah:

Baca Juga : Tips Kreatif Buat Konten lewat Smartphone Selama PPKM

1. Bereksperimenlah dengan pengaturan Mode Profesional.

Jika Anda terbiasa dengan mode otomatis, tidak ada salahnya mencoba mode Pro. Dalam mode profesional, pengguna dapat mengontrol pengaturan individual seperti ISO, kecepatan rana, dan bukaan. Misalnya, menggesek ke kiri dalam mode fokus manual akan mengaburkan gambar dan menciptakan efek bokeh.

Tangkap warna langit malam dengan Galaxy A52 yang terpasang pada tripod atau di permukaan yang stabil dengan kamera dalam mode Pro.

Atau bereksperimenlah dengan ISO dari 300 hingga 400 dan kecepatan rana yang lebih lambat (seperti kecepatan rana 1/10) untuk menangkap lebih banyak cahaya dalam pemandangan malam yang dramatis.

Jika Anda ingin bermain dengan sumber cahaya, coba matikan fokus otomatis dalam mode Pro dan geser ke kiri untuk mengaburkan fokus gambar dan menciptakan efek bokeh.

Saat memotret di hari yang cerah, turunkan ISO dan atur kecepatan rana yang lebih cepat untuk mengurangi cahaya pada sensor dan mengontrol bagian mana dari foto yang ingin Anda beri pencahayaan berlebih atau kurang pencahayaan.

Baca Juga : Buat YouTuber, 5 Kamera 4K Terbaik untuk Produksi Konten

2. Manfaatkan sinar matahari.

Biarkan objek di sekitarnya diterangi oleh matahari saat matahari terbit atau terbenam, yang memancarkan cahaya lembut yang menyebar ke subjek dalam gambar untuk kualitas foto yang menakjubkan.

See also  5 Rekomendasi Ponsel Harga Rp4 Jutaan Terbaik Edisi Juli 2021

Bahkan jika ini bukan jam emas, temukan bayangan geometris yang indah yang diciptakan oleh sinar matahari yang terhalang yang dapat membuat foto lebih dinamis.

Coba sesuaikan lensa dan pengaturan yang berbeda dalam mode profesional untuk mendapatkan bidikan terbaik.

3. Bermain dengan refleksi

Gunakan permukaan reflektif seperti permukaan air, pagar logam, atau bahkan cermin untuk menciptakan gambar simetris yang memukau.

Jika Anda menemukan genangan air di tanah, coba posisikan kamera Galaxy A52 langsung di dasar permukaan air dan ambil gambar.
Jangan khawatir jika sedikit air masuk ke smartphone Anda karena Galaxy A52 memiliki rating IP67 yang tahan debu dan air!

Baca Juga : 5 Smartphone High-End Xiaomi untuk Bikin Konten

4. Mengambil gambar dalam cahaya rendah

Gunakan pergerakan mobil yang lewat dengan kamera Galaxy A52. Di tepi jalan, tarik ponsel Anda keluar, aktifkan mode Pro, turunkan ISO sepenuhnya, dan kurangi kecepatan rana hingga setidaknya setengah detik untuk menangkap jejak cahaya mobil yang lewat.

5. Video profesional dan pengambilan tunggal

Mode Pro Video memungkinkan Anda dengan cepat menyesuaikan pengaturan seperti white balance, kecepatan rana, dan ISO.

Gunakan AI untuk mengabadikan satu momen di beberapa versi dengan Single Take agar Anda tidak melewatkan apa pun.

Dengan Single Take, pengguna dapat mengambil beberapa bidikan berbeda dan klip pendek dengan menekan tombol rana satu kali.

Periksa keandalan sensor kamera dalam mode malam, yang memungkinkan Anda mengambil foto dalam gelap tanpa lampu kilat kamera.

6. Mengembangkan estetika

Luangkan waktu untuk mengedit foto dan merancang preset pengeditan untuk menentukan identitas Anda sebagai pembuat konten.

Preset adalah kumpulan pengaturan, termasuk warna, rona, kontras, dan bintik-bintik, dalam aplikasi pengeditan pilihan yang memungkinkan Anda mengatur nuansa estetika yang konsisten di semua foto Anda.

See also  Performa Teruji, 5 Smartphone dengan Skor Tertinggi AnTuTu Juni 2021

7. Berinvestasi pada alat yang tepat

Alat yang tepat dapat membuka lebih banyak kemungkinan untuk kreativitas. Stabilizer tripod dan gimbal memungkinkan Anda mengambil bidikan eksposur panjang terbaik.

Sementara itu, sumber cahaya LED portabel memungkinkan Anda mengambil foto yang bagus bahkan di malam hari.

Baca Juga : 5 Alasan Teknis Asus Zenfone 8 Flip Cocok untuk Konten Kreator

Leave a Reply

Your email address will not be published.